INDRAMAYU - Antusias masyarakat untuk menyaksikan berbagai kesenian daerah Indramayu begitu tinggi. Kegiatan yang digelar oleh Lakpesdam PCNU Indramayu melalui acara Festival Rakyat "Brayan Urip", di Lapangan Bunderan Desa Krimun Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu, Selasa (13/03/18) disaksikan oleh ratusan warga masyarakat.


Dalam acara tersebut, dengan menampilkan pentas seni Berokan, Genjring umbul dan menggelar lomba mainan tradisional seperti jelangkrungan, bakyak barengan dan sebagainya.
Selain itu, festival rakyat "brayan urip" ini juga dengan menggelar acara "kaboran" atau diskusi publik yang menghadirkan Dinas Sosial serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Indramayu, untuk memberikan informasi terkait jaminan sosial dan akses layanan administrasi kependudukan kepada masyarakat setempat.

Acara yang dihadiri oleh perwakilan PCNU Kabupaten Indramayu, Camat Losarang, Kapolsek Losarang, Pemerintah Desa Krimun, Dinsos, Disdukcapil, Tokoh masyarakat, juga dihadiri Dayak Losarang.

Ketua Lakpesdam PCNU Indramayu, Edi Fauzi mengatakan, dalam festival rakyat ini selain menggelar pertunjukan kesenian tradisonal yang harus tetap dilestarikan, juga diisi dengan acara dialog publik, diskusi langsung masyarakat bersama Disdukcapil dan Dinsos, agar masyarakat mendapat informasi dan pelayanan administrasi kependudukan.

"Kita juga menghadirkan Disdukcapil, yang belum punya KTP, bisa langsung konsultasi dan sekaligus rekam data jika syaratnya sudah lengkap," katanya.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut sebagai wujud desa inklusi, atas keberagaman kepercayaan masyarakat sekitar, baik suku, agama, ras, sehingga melalui acara ini, diharapkan bisa saling toleransi dan bersilaturahmi bersama.

"Brayan urip ini artinya agar kita bisa hidup bersama dan rukun, tentram, damai, untuk bisa saling menjaga dan silaturahmi dengan semua kalangan masyarakat," jelasnya

Ia juga menegaskan, NU tetap konsisten menjaga nilai-nilai toleransi serta melestarikan seni dan budaya sebagai wujud jati diri bangsa.

"Budaya ini juga punya peran penting dalam menegakan Negara Kesatuan Republik Indonesia," pungkasnya.