CIREBON, - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pelaksanaan program Padat Karya Tunai (PKT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Desa Kempek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Minggu (11/3/2018) siang.

Pelaksanaan PKT itu berupa perbaikan saluran irigasi kecil dan jalan produksi.

"Cukup memuaskan. Tadi saya tanya tukangnya dibayar Rp 100 ribu per hari dan pembantu tukang Rp 80 ribu per hari, katanya di sini standarnya segitu," kata Joko Widodo.

Dalam kesempatan itu Jokowi tampak didampingi Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Menteri Agama, Lukman Hakim, dan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

"Selain memperbaiki jalan produksi dan irigasi, yang paling penting bisa menambah daya beli masyarakat di desa dan daerah sehingga tingkat konsumsi juga akan naik," ujar Joko Widodo.

Tiba di lokasi PKT, Jokowi langsung meninjau ke beberapa sudut. Ia juga tampak berbincang dengan beberapa pekerja di kompleks tersebut.

Melihat kedatangan Jokowi, warga sekitar pun langsung berkerumun. Mereka tampak berbondong-bondong mendatangi lokasi pelaksanaan program PKT itu.

"Ini baru 1,5 bulan, setelah 3 bulan kita evaluasi. Kalau berefek positif pada meningkatnya daya beli masyarakat program ini diperbanyak dan anggarannya ditambah," ujar Jokowi.