INDRAMAYU,- Hari ULang Tahun Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) ke-55 tahun 2016, diperingati dalam suatu upacara di lapang bola Desa Benda Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu, Senin (15/08). Bertindak sebagai pembina upacara Bupati sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Indramayu, Hj. Anna Sophanah.

Tema hari gerakan pramuka tahun ini adalah Bangun karakter kaum muda melalui kegiatan yang keren, gembira dan asyik. Tema ini mengandung makna bahwa melalui gerakan pramuka diharapkan akan terlahir generasi muda yang berkarakter, bersemangat dalam menyongsong masa depan yang gemilang melalui kegiatan pramuka yang gembira dan mengasyikan.

Dalam sambutannya, bupati mengatakan, gerakan pramuka sebagai wadah pembinaan kaum muda di tanah air, keberadaannya menjadi sangat penting di tengah ditemukannya banyak masalah sosial di kalangan kaum muda pada saat ini, seperti kenakalan remaja, penggunaan obat terlarang serta perkelahian remaja. diakui bahwa peranan gerakan pramuka, sebagai wadah pembentuk perilaku sosial kaum muda yang positif sungguh sangat menentukan. 

"Dengan aktif mengikuti kegiatan kepramukaan yang diselenggarakan secara menarik, menantang edukatif dan rekreatif, kaum muda bukan saja dapat terhindar dari berbagai masalah sosial. Tetapi yang terpenting lagi, dapat berperan aktif dalam upaya turut mencegah hal tersebar luasnya berbagai masalah sosial kaum muda tersebut", terangnya.

Kepada jajaran pengurus Kwarcab dan Kwaran, Bupati mengajak untuk bersungguh-sungguh menyelenggarakan pendidikan kecakapan hidup yang mampu memberikan ketrampilan bagi kaum muda serta menyelenggarakan kegiatan yang mendorong dalam upaya menanamkan nilai-nilai yang tercantum dalam tri satya dan dasa darma, dalam rangka pembentukan watak kepribadian dan pekerti kaum muda.