INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),-Pemerintah Desa Pringgacala yang dinahkodai oleh Kodirin, terus fokus membenahi, menata serta membangun Desa Pringgacala Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu demi terwujudnya visi "Pringgacala Berseri" (Bersih, Religius, Sejahtera, Rapi dan Indah).

Selain meningkatkan pelayanan kepada masyarakatnya, Misi yang dilakukan Pemerintah Desa Pringgacala di jangka pendek maupun jangka panjang adalah meningkatkan sarana dan prasarana di segala bidang sebagai upaya menyejahterakan masyarakatnya.

Sehingga ekonomi masyarakat Desa Pringgacala menjadi kuat dan Sumber Daya Manusia (SDM) juga meningkat.

Tak heran, terealisasinya Dana Desa (DD) tahap pertama tahun anggaran 2024 dan Dana Bantuan Keuangan Provinsi (Banprov) Jawa Barat langsung dimanfaatkan oleh Pemerintah Desa Pringgacala untuk membangun berbagai sarana infrastruktur.

"Alhamdulillah, DD tahap pertama dan juga Banprov tahun 2024 ini telah selesai kita laksanakan untuk pembangunan infrastruktur," ucap Kuwu Desa Pringgacala, Kodirin di kediamannya. Sabtu, (25/05/2024).

Kodirin menjelaskan, sejumlah infrastruktur yang telah selesai dikerjakan dan telah dirasakan manfaatnya dari DD tahap pertama tahun anggaran 2024 itu diantaranya, pembangunan perkerasan jalan lingkungan cor beton ready mix K.225 sepanjang 294 meter di Blok Underan RT 06-07 RW 03, pembangunan TPT sepanjang 147 meter di Blok Underan RT 10 RW 03, pembangunan SPAL pipa PVC/ bak kontrol sepanjang 167 meter di Blok Underan RT 08, pembangunan gorong-gorong plat deuker sepanjang 2,3 meter di Blok Desa RT 05 RW 02 dan di Blok Underan RT 06 dengan panjang 1,5 meter serta pembangunan ketahanan pangan saluran irigasi pertanian di Blok Underan RT 11 RW 03 dengan volume panjang 236 meter dan tinggi 1 meter.

"Sementara untuk Bantuan Keuangan Provinsi (Banprov) tahun anggaran 2024, digunakan untuk pembangunan perkerasan jalan cor beton ready mix K.250 dengan volume panjang 135,28 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 0,15 meter yang dibangun di Blok Desa RT 04 RW 02," paparnya.

Kodirin juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang sudah mengucurkan Dana Desa dan Banprov untuk pembangunan Infrastruktur Desa.

"Anggaran pemerintah baik Dana Desa maupun Bantuan Keuangan sangat bermanfaat bagi pembangunan desa, kami sangat mengapresiasi program pemerintah dan terima kasih kepada ibu Bupati Nina Agustina yang sangat peduli terhadap pembangunan Desa," ungkapnya.

Kuwu Kodirin yang terkenal ramah dengan siapapun ini berkomitmen untuk terus berupaya memberikan pelayanan terbaik demi memajukan Desa Pringgacala.

"Kita terus mendukung semua program pemerintah dengan efisiensi waktu dan memberikan pelayanan baik kepada Masyarakat," tambah Kodirin.

Mengingat kondisi ekonomi warganya yang mayoritas berprofesi sebagai petani dan pedagang, Kodirin terus berupaya untuk meningkatkan sarana infrastruktur untuk mempermudah dan memperlancar aktivitas masyarakatnya.

"Untuk DD tahap dua nanti, kami masih prioritaskan untuk infrastruktur jalan," katanya.

Adapun perencanaan pembangunan infrastruktur jalan yang menggunakan DD tahap dua tahun 2024 ini diantaranya untuk pembangunan 3 (tiga) jembatan dan pembangunan perkerasan jalan cor beton ready mix untuk di tiga titik.

"Saat ini kami sedang mempersiapkan segalanya untuk tahap dua agar segera direalisasi dan melanjutkan pembangunan infrastruktur demi kemajuan ekonomi masyatakat Desa Pringgacala," tuturnya.

Kodirin meminta doa seluruh elemen masyarakat Desa Pringgacala, untuk memajukan pembangunan desa di segala sektor. 

"Kami mohon doa untuk Desa Pringgacala agar diberikan kemudahan dan keberkahan dalam melakukan pembangunan," pintanya.

Kodirin meyakini doa seluruh komponen bisa memperlancar semua ikhtiar Pemerintah Desa Pringgacala, untuk membangun Desa Pringgacala yang lebih maju dan semakin sejahtera masyarakatnya.

"Yang jelas, Pemerintah desa membutuhkan dukungan semua elemen masyarakat guna melakukan akselerasi pembangunan, karena tidak mungkin melaksanakan program pembangunan dengan tangannya sendiri," terangnya.

Karena itulah, pemerintah desa beserta seluruh masyarakat bersinergi dalam menggali segala potensi demi mendorong pembangun Desa Pringgacala yang lebih baik.

"Pembangunan dilakukan atas kebersamaan antara jajaran Pemerintah Desa Pringgacala dengan masyarakat, karena tanpa dukungan semua pihak sulit untuk maju dan berkembang dengan cepat," pungkasnya. (Abdul Jaelani/ Red)