INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Ratusan Warga Belajar (WB) PKBM Sekar Tanjung Desa Tanjungpura Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu mengikuti Uji Kesetaraan (UK) Paket C yang dilaksanakan di Lab Komputer SMP Islam Al Mu'ammilin. Minggu, (19/05/2024).

Kepala PKBM Sekar Tanjung, Ani Fiktoroyani mengatakan, Ujian Kesetaraan Paket C tahun 2024 ini diikuti oleh 144 orang.

"Uji Kesetaraan (UK) adalah program yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada warga belajar pendidikan kesetaraan,” jelasnya.

Masih kata Ani, tujuannya untuk mendapatkan kesempatan diuji kemampuan tentang literasi dan numerasi, yang hasilnya diharapkan bisa menyetarakan dengan siswa pendidikan formal.

“Serta hasil pengakuan kemampuan tersebut mendapatkan sertifikat hasil Uji Kesetaraan,” ujarnya.

Ani juga menjelaskan, banyaknya Warga belajar di PKBM Sekar Tanjung terjadi sejak tahun 2021 berkat adanya program Ja-Ket (Kejar Paket) yang merupakan program unggulan Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA.

"Waktu booming program Ja-Ket, warga sangat antusias mengikuti pendidikan non formal di PKBM Sekar Tanjung hingga saat ini peserta bisa pada titik akhir yaitu mengikuti UK," paparnya.

Ani berharap, melalui program kesetaraan yang diselenggarakan melalui PKBM, terutama lulusan dari PKBM Sekar Tanjung dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Indramayu. (Red)