INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Karangampel, Dr H Madakir SPd MSi menerima Anugerah PWI Indramayu Award ke-7 pada acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 yang diselenggarakan PWI Indramayu di Hotel Prima Indramayu. Rabu, (6/3).

H Madakir dianugerahi sebagai Pemimpin Transformatif oleh PWI Indramayu. Piagam dan plakat diserahkan langsung oleh Ketua PWI Indramayu, Dedy S Mushasi.

Ketua PWI Kabupaten Indramayu, Dedy S Musashi menjelaskan, tim perumus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Indramayu memberikan penilaian kepada kinerja Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Karangampel, H Madakir sebagai penerima kategori Pemimpin Transformatif karena sosoknya mampu mewujudkan tujuan awal pendidikan dalam lembaga pendidikan daalm mengawal program berjalan sesuai arah.

"Kepemimpinan kepala sekolah memiliki peran penting untuk mewujudkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Tugas dan peran kepala sekolah adalah meningkatkatkan profesionalitas kerja guru, guna ketercapaian pendidikan di sekolah. Hal itu dimiliki oleh figur Kepala SMP Negeri 1 Karangampel," ucapnya.

Lanjut Dedy, pendidikan merupakan salah satu faktor penting guna memperkuat pondasi perekonomian negara. Maka solusi mengatasi kesenjangan ekonomi salah satunya meningkatkan kualitas pendidikan yang merata.

Tidak hanya dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang, akan tetapi pendidikan memiliki potensi untuk menghasilkan perubahan sosial yang positif. Dengan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang masalah sosial seperti kemiskinan, ketimpangan ekonomi dan ketidakadilan. Pendidikan dapat membangun kesadaran dan semangat untuk mengatasi masalah tersebut.

"Tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan merupakan salah satu faktor penting, salah satunya dapat memperkuat pondasi perekonomian," tuturnya.

Sementara itu, H Madakir mengucapkan terimakah kepada pengurus PWI Indramayu yang telah memberikan penghagaan kepadanya sebagai Pemimpin Transformatif. 

Menurutnya, keberhasilan dalam memimpin itu tidak lepas dari peran semua pihak. Selain guru juga dukungan dari Komite sekolah yang mewakili orang tua wali murid.

"Penghargaan ini saya serahkan untuk keluarga besar SMP Negeri 1 Karangampel. Tentunya saya mengajak semua guru dan komite sekolah yang mewakili orang tua wali murid untuk bersama-sama meningkatkan mutu pendidikan. Pengelolaan pendidikan merupakan hal penting," tutupnya. (Red)