JAKARTA BARAT, (nusantaraindonesia.id),- Satuan Pelaksana Sumber Daya Air Kecamatan Kembangan Suku Dinas SDA Jakarta Barat membuat saluran baru sepanjang 483 meter di RT 03 RW 6 Jalan Raya Joglo Baru, Kelurahan Joglo, Kecamatan Kembangan.


Kasatpel SDA Kecamatan Kembangan Sudis SDA Jakbar, Mulyadi, ST mengatakan, pihaknya mengerahkan petugas sebanyak  30 personel pasukan biru dan satu alat berat excavator jenis PC 45. 


"Kami mengerahkan petugas pasukan biru dan satu alat berat dalam pembangunan saluran ini," kata Mulyadi saat dikonfirmasi di lokasi, (Senin, 31/7)


Menurutnya, saluran tersebut dengan panjang 483 meter dengan lebar 40 cm dan kedalaman 50 cm. 


"Nantinya saluran u-ditch tertutup karena kondisi jalan yang padat untuk aktivitas warga sekitar dengan adanya sekolah di area lokasi" ujarnya. 


Dikatakan Mulyadi, pembangunan saluran tersebut merupakan aspirasi masyarakat dan termasuk daerah  rawan banjir dan genangan.


"Pembuatan saluran itu karena daerah itu rawan banjir dan  genangan, juga antisipasi saat datang musim penghujan. Karena dilokasi tersebut belum terdapat saluran secara teknis. Diharapakan saluran bisa mengalir lancar, sehingga mengurangi titik rawan banjir dan genangan di wilayah Joglo," tuturnya.


Ditambahkannya, pengerjaaan pembuatan saluran mulai akhir Juli dan ditargetkan rampung pada September 2023.


"Sekitar bulan September akhir baru selesai karena terkendala masih ada utilitas tiang-tiang listrik dan pohon besar yang belum direlokasi, juga padatnya lalu lintas dilokasi pekerjaan," pungkasnya. (Khaerul Imam/ NI)