INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PKB, H Dedi Wahidi menggelontorkan dana Anggaran Pendapatan Belanja dan Negara (APBN) untuk pembangunan infrastruktur di Desa Cangkingan Kecamatan Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu.


Anggaran yang dibawa dari pusat itu dikucurkan untuk pembangunan infrastruktur di Desa Cangkingan mencapai Rp.1,4 milyar lebih dari berbagai program.


"Program yang saya berikan kesini adalah PISEW (Pengembangan Infrastruktur Sosial dan Ekonomi Wilayah) senilai Rp.250 juta dengan Desa Jayalaksana Rp.500 juta," ucapnya saat melakukan kunjungan sekaligus meninjau program yang diberikannya di Desa Cangkingan. Jumat, (25/08).


Tidak hanya program PISEW, Dewa sapaan akrabnya, juga memberikan program dari pemerintah pusat lainnya di Desa Cangkingan yakni program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu).


"Untuk bantuan program Rutilahu di Desa Cangkingan ini sebanyak 10 unit, masing-masing unit Rp.10 juta sehingga totalnya sebesar Rp.200 juta. Tahun kemarin juga sama, ada 10 warga penerima bantuan program Rutilahu," jelasnya.


Bahkan di tahun anggaran 2023 ini, Desa Cangkingan juga akan diberikan program Tempat Pengelolaan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R). Hal itu dilakukan demi mengatasi masalah penanganan sampah di desa tersebut.


"Satu lagi yang mau direalisasi itu TPS3R. Yaitu Pengolahan sampah senilai 500 juta," ungkapnya.


Sementara itu, Kuwu (Kepala Desa) Cangkingan Didi Wahyudi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dewa yang sudah memperjuangkan aspirasi masyarakat Desa Cangkingan di parlemen pusat hingga terealisasi.


"Kami atas nama Pemerintah Desa Cangkingan mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada Anggota DPR RI Fraksi PKB, H Dedi Wahidi yang telah membawa program pembangunan dari pusat untuk Desa Cangkingan. Baik infrastruktur jalan maupun Rutilahu," ucapnya.


Ia juga sangat bersyukur aspirasi lainnya tentang penanganan sampah di Desa Cangkingan yang juga akan terealisasi. Dimana, Desa Cangkingan telah memiliki dua Peraturan Desa (Perdes). Yakni Perdes Pelestarian Lingkungan Hidup dan Perdes Pengelolaan Sampah.


"Dengan adanya TPS3R ini diharapkan mampu mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan di Desa Cangkingan dan mengolahnya dengan lebih efisien serta berkelanjutan. Dengan demikian, kelestarian lingkungan akan terjaga dengan baik," Pungkasnya. (Abdul Jaelani/ NI)