KUNINGAN, (nusantaraindonesia.id),- Hari ini, Kabupaten Kuningan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 94 desa yang tersebar di 31 Kecamatan se-Kabupaten Kuningan. Minggu, (06/08).


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kuningan, Drs. H. Dudi Pahrudin, M.Si menyebutkan, bahwa pihaknya telah berupaya sedemikian rupa agar penyelenggaraan dapat tertib dan lancar.


“Persiapannya sudah beberapa tahapan termasuk diantaranya telah kita lakukan deklarasi damai Pilkades tingkat Kabupaten. Dan tadi malam kita terus memantau sehingga alhamdulilah sekarang berjalan kondusif pada proses pemungutan suara,"ujarnya.


Dudi menjelaskan, bahwa Insya allah di Kabupaten Kuningan tidak ada potensi kericuhan, mengingat sekarang TPS tidak di fokuskan di satu titik melainkan di sebar ke beberapa kantong TPS tersedia.


“Satu TPS maksimal menampung 500 suara, dan satu Desa minimal memiliki 3 TPS. Pun, kebutuhan TPS Mesti berjumlah Ganjil, ada 3, ada 5, ada 7 atau ada 9 TPS di masing-masing Desa. Hal itu dilakukan salah satunya untuk meminimalisir terjadinya gesekan antar pendukung yang takutnya menyebabkan kericuhan.” Tutup Dudi. (Abdul Jaelani/ NI)