BOGOR, (nusantaraindonesia.id),- Guna mengoptimalkan pelaksanaan 10 program PKK yang merata di seluruh Kabupaten Bogor, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bogor Halimatussadiyah Iwan masif lakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) pelaksanaan implementasi 10 program PKK. Kini giliran Desa Situ Daun Kecamatan Tenjolaya untuk dipantau langsung implementasi 10 program PKK, Selasa (18/7/2023).


Halimatussadiyah mengungkapkan, monev dilakukan secara massif di 40 Kkcamatan dengan melibatkan seluruh anggota pengurus PKK yang terbagi ke dalam empat tim.


“Satu tim terdiri dari 10 orang anggota TP-PKK, setiap tim bertugas untuk me-monev implementasi 10 program PKK ke empat kecamatan. Termasuk monev hari ini adalah rangkaian monev yang sudah berjalan sejak dua pekan lalu, alhamdulillah sudah berjalan 50 persen,” ungkapnya. 


Halimatussadiyah Iwan berharap melalui kegiatan monev ini pelaksanaan implementasi 10 program PKK bisa merata di seluruh wilayah Kabupaten Bogor.


Camat Tenjolaya Farid Maruf menyatakan, kegiatan monev sangat penting untuk meninjau langsung efektivitas pelaksanaan kegiatan 10 program PKK Desa Situ Daun.


“Sehingga kegiatan dapat terpantau dan ter-monitor langsung agar pelaksanaannya bisa berjalan dengan baik,” imbuhnya.


Ketua TP-PKK Desa Situ Daun, Wanih Sugandi menjelaskan, pelaksanaan 10 program PKK di Desa Situ Daun seperti sosialisasi pola asuh dan anak di era digital, pengajian di setiap bulan, melaksanakan penyuluhan PKBM Dwi Pekerti, agama, dan gender. 


Pembinaan administrasi Bina Keluarga Balita dan Anak (BKB) dan BKM, imbuhnya, juga dilaksanakan, bersamaan dengan kegiatan gerak jalan, pelatihan penjahit, pembinaan kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), pengembangan kehidupan berkoperasi, pembacaan dan Gelari Pelangi.


“Selain itu, kami juga melaksanakan rumah sehat, apotek hidup, program penanaman pohon, lalu pengembangan dan pembinaan posyandu multifungsi, pemberian makanan tambahan (PMT), pengembangan dan pembinaan pelaksanaan program imunisasi desa lengkap dan rutin, pembinaan kelas ibu hamil dan kelas ibu balita. Kemudian program tangguh bencana, meningkatkan penyuluhan tentang pentingnya pemahaman dan keikutsertaan dalam program KB dan lainnya,” katanya.


Kades Situ Daun Jai menambahkan, pelaksanaan 10 program PKK Desa Situ Daun sudah berjalan cukup baik salah satunya posyandu binaan PKK, rumah sehat, pembinaan Kelompok Wanita Tani, dan lainnya. Tentunya melalui evaluasi langsung yang dilakukan Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor dapat memberikan dampak positif khususnya bagi TP-PKK Desa Situ Daun.


“Keberadaan PKK sangat penting sebagai sarana untuk mendukung terwujudnya kesehatan anak, kecerdasan anak di seluruh Desa Situ Daun, meminimalisir bahaya narkoba, stunting dan lainnya,” imbuhnya. (Al Ihza Mahendra/ NI)