JAKARTA BARAT, (nusantaraindonesia.id),-Sejumlah lapak barang rongsokan di lingkungan RT 006 RW 04 Kelurahan Semanan, ludes terbakar, Kamis (20/7). Kebakaran diduga berasal dari korsleting listrik.


Dari informasi yang diperoleh menyebutkan, peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 08.20 WIB. Titik awal api terlihat dari salah satu lapak barang rongsokan.


"Tiba-tiba, saya melihat kepulan asap dari lapak itu. Dalam sekejap api membesar," tutur Ar (38) saksi mata yang melihat kali pertama kebakaran. 


Melihat peristiwa itu, Ar langsung menghubungi petugas Sudis Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat. 


Beberapa menit kemudian, petugas damkar sektor Kalideres  tiba di lokasi kejadian.  Mereka berupaya memadamkan kobaran api yang melahap bangunan lapak barang rongsokan tersebut. Sementara puluhan warga yang menghuni lapak menyelamatkan diri ke lokasi pengungsi di lapangan H Angiah, RT 005 RW 04, Kelurahan Semanan. 


Sementara itu, Lurah Semanan, Bayu F Gantha mengatakan, peristiwa tersebut mengakibatkan 16 KK atau 60 jiwa mengungsi.


"Peristiwa kebakaran itu mengakibatkan 16 Kepala Keluarga (KK) atau 60 jiwa mengungsi sementara di lapangan H Angiah," tutur Bayu, saat dikonfirmasi.   


Bayu melanjutkan, pihaknya tengah melakukan penanganan dengan petugas damkar, serta melakukan pendataan untuk dikoordinasikan dengan Sudis terkait dalam hal bantuan buat warga yang terdampak kebakaran. 


"Untuk sementara dugaan kebakaran berasal dari korsleting listrik. Saat ini petugas damkar masih melakukan pendinginan," tambahnya. (Khaerul Imam/ NI)