INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id),- Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan pertama masuk sekolah bagi siswa baru. Dimana para siswa baru ini bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya.


Setiap sekolah, mempunyai cara berbeda beda dalam pelaksanaanya. Seperti MPLS yang di laksanakan di UPTD SMP Negeri 2 Kertasemaya Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu jawa barat pada Sabtu, (23/07/2023).


Setelah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) selesai, para siswa baru UPTD SMP Negeri 2 Kertasemaya itu diperkenalkan dengan lingkungan sekolah yang baru. 


Bahkan, MPLS yang dilakukan UPTD SMP Negeri 2 Kertasemaya di halaman sekolah, sudah memasuki hari ketiga yang memperkenalkan kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) yang ada di sekolah tersebut. Diantaranya, Pramuka, Paskibra, PMR, Pencak silat, Orpres dan Seni.


Agenda ekskul ini, para siswa baru memperlihatkan skill dan keterampilannya. Dengan harapan mereka bisa mengembangkan potensi dari sejumlah ekskul yang ada sekolahan tersebut.


Salah satunya penampilan memukau ditunjukkan oleh Ananda Rahmawati siswi kelas VII yang menampilkan seni tari topeng di hadapan ratusan siswa baik dari kelas VII, VIII dan IX serta para guru.


Plt Kepala SMP Negeri 2 Kertasemaya, Didin Mahpudin, S.Pd mengatakan, MPLS ini rutin diadakan setiap tahun. Kegiatan ini diharapkan semua siswa baru sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya. Baik sarana prasarana, pendidikan dan lainnya yang ada di sekolah. 


"Setelah MPLS ini, kami berharap kepada anak anak terutama kelas VII untuk selalu menjaga kedisiplinan dalam proses belajar mengajar dan mentaati tata tertib sekolah. Raihlah cita citamu, tuntutlah ilmu setinggi langit, wujudkan mimpimu dan jadilah anak yang berguna bagi keluarga, bangsa, negara dan agama," harapnya.


Sementara itu, Ketua Panitia H. Moh. Irfan, S.Pd., M.Si didampingi Sekretaris Muh. Arris, S.Pd dan Tri Pendra Saputra, S.Pd mengatakan, kegiatan MPLS khususnya untuk kegiatan ekskul ini bertujuan selain untuk menggali potensi anak, juga untuk menumbuh kembangkan bakat anak sesuai kemampuanya.


"Untuk menuju Indramayu BERMARTABAT, Sekolah ini akan selalu memberikan pelayanan terbaik kepada semua peserta didik dan dalam proses belajar mengajar sesuai kurikulum yang berlaku," katanya. (Narto/ NI)