CIAMIS, (nusantaraindonesia.id),- Dua kandidat asal Ciamis berhasil raih 2 kemenangan pada Expo Pangan dan Kontes Ternak Tahun 2023 tingkat Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Kiara Payung Jatinangor Kabupaten Sumedang pada Sabtu, 22/07/23.


Diketahui kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat sebagai upaya dukungan untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi covid-19 dan wabah PMK dalam mendorong kemandirian pangan menuju Jabar Juara.


Dari kegiatan tersebut, dua perwakilan asal Kabupaten Ciamis berhasil menyisihkan pesaingnya dari kabupaten dan kota lainnya.


Raihan piagam penghargaan untuk petani milenial asal Ciamis tersebut atas nama Multajam (Ketua Kelompok Sri Rezeki Utama Desa Kalapasawit Kecamatan Lakbok) sebagai juara 2 kategori petani milenial komoditas sapi potong.


Selanjutnya adalah atas nama Dadang Herawan (Ketua Kelompok Gemah Ripah Desa Sukajadi Kecamatan Sadananya) sebagai juara 2 kontes ayam sentul kategori ratu bibit umur 9-12 bulan.


Disampaikan Kabid Produksi Prasarana dan Sarana Peternakan (Disnakkan) Kabupaten Ciamis Rio Andri, tujuan dari kegiatan tersebut diantaranya adalah untuk melestarikan dan mengembangkan plasma nutfah Jawa Barat (Domba Garut, Ayam Sentul), meningkatkan jejaring usaha dan kemitraan antara pelaku usaha peternakan, melalukan promosi dan edukasi hasil pembangunan bidang ketahanan pangan dan peternakan.


"Juga sebagai penghargaan dan memotivasi pelaku bidang usaha peternakan dalam penyediaan bibit dan budidaya yang bermutu dan berdaya saing. Kemudian juga sebagai evaluasi pembangunan ketahanan pangan dan peternakan, meningkatan pelayanan bidang ketahanan pangan dan peternakan," katanya. (Red)