INDRAMAYU, - Anggota DPRD Indramayu, Roni Januri melakukan Silaturrahim dengan masyarakat Gg.6 Utara Desa Karangampel Kabupaten Indramayu. Selasa, (27/02/2018). Kegiatan tersebut juga sekaligus dalam rangka Resesnya pada masa Persidangan pertama tahun 2018.


Anggota fraksi PDI Perjuangan Dapil II Indramayu ini menjelaskan, kunjungan kerja anggota dewan menemui masyarakat itu ingin menyampaikan program Pemerintah Kabupaten Indramayu baik program di tahun 2017 maupun program tahun 2018. 

"Perlu diketahui, program Pemerintah Kabupaten terkait dengan Kartu Sehat dan Pintar (KASEP) yang dicanangkan pada tahun 2015 lalu, kini sudah tidak berlaku lagi per Agustus 2017 kemarin", jelasnya.

Masih dikatakannya, kartu KASEP sudah disingkronkan dengan pemerintah pusat yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diberikan untuk masyarakat yang tidak mampu.

"Bagi masyarakat tidak mampu yang sakit dan harus dirujuk ke Rumah sakit tapi tidak memiliki kartu KIS, bisa minta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) ke desa yang ditindaklanjuti oleh Kecamatan hingga ke Dinas Sosial dan dinas Kesehatan", katanya.

Meski demikian, Roni pun mengajak kepada masyarakat yang tidak memiliki KIS untuk segera mendaftarkan diri ke BPJS sebagai jaminan kesehatan. Karena kesehatan merupakan salah satu tolak ukur pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) selain di bidang Pendidikan.

Terkait pendidikan, lanjut Roni, program wajib belajar 9 tahun, masyarakat Kabupaten Indramayu harus memanfaatkannya dengan sebaik mungkin yakni menyesekolahkan anaknya karena tanpa dikenakan biaya. 

"SD 6 tahun dan SMP 3 tahun itu biayanya gratis dan tidak ada pungutan. Karena biayanya semua ditanggung oleh Pemerintah", ucapnya.

Sementara Kepala desa Karangampel, Mamat mengucapkan terimakasihnya kepada anggota DPRD Indramayu Roni Januri yang sudah menyerap aspirasi masyarakat desa Karangampel. Dengan harapan, aspirasi atau keingininan masyarakat dapat diperjuangkan ditingkat Kabupaten.

"Mudah-mudahan aspirasi masyarakat yang sudah diserap beliau, dapat diwujudkan untuk masyarakat kami", harapnya.