INDRAMAYU, (nusantaraindonesia.id) - Seratus lebih bibit pohon dari berbagai jenis, ditanam polisi di Desa Kiajaran Wetan Kecamatan Lohbener Kabupaten Indramayu, Rabu (23/8). Selain menjadi rangkaian peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia, kegiatan ini merupakan bagian dari gerakan Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini yang digagas Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.


Kapolsek Lohbener, Kompol H Nurani menjelaskan, gerakan menanam pohon ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Tanah Air. Dengan harapan, pohon yang ditanam akan mampu mengurangi polusi udara dengan menghasilkan oksigen lebih banyak.


"Ini merupakan salah satu upaya Polri untuk selalu menjaga stabilitas Hankamtibmas di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dan dengan menanam pohon, setidaknya kita telah memberikan warisan berharga untuk anak cucu di kemudian hari," ujarnya.


Sementara itu, Camat Lohbener, H Mardono mengapresiasi gerakan penanaman pohon yang dilaksanakan Polri. Tak hanya buah yang dihasilkan, gerakan ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang, yakni menjadikan lingkungan lebih asri dan terbebas dari polusi.


"Gerakan ini diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mencintai alam. Salah satunya dengan menjaga pohon-pohon yang telah ditanam, agar lingkungan sekitar menjadi semakin asri," jelasnya.


Gerakan Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini, turut didukung dan diapresiasi oleh Kuwu se-Kecamatan Lohbener Kabupaten Indramayu. Tak terkecuali Kuwu Kiajaran Wetan Ondi Casrudi SH, yang menjadi tuan rumah pada pelaksanaan kegiatan ini.


"Terima kasih kepada Pak Kapolsek telah memilih desa kami menjadi tempat pelaksanaan kegiatan ini. Selain udara yang semakin bersih, kami berharap pohon yang ditanam akan memperkuat bantaran sungai dari hantaman erosi," pungkasnya.


Selain anggota Polsek Lohbener, kegiatan diikuti unsur Forum Koordinasi Pimpinan (Forkopim) Kecamatan Lohbener, Kuwu berikut perangkat desa, lembaga desa, organisasi kemasyarakatan (Ormas), serta perwakilan tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di Kecamatan Lohbener.


Pada kegiatan ini, tak kurang dari 150 bibit pohon dari berbagai jenis ditanam di bantaran sungai Blok Pertamina Desa Kiajaran Wetan Kecamatan Lohbener. Di antaranya adalah bibit mangga, jambu, lengkeng, rambutan serta petai. (Sarnadi/NI)