SUMEDANG, (nusantaraindonesia.id),- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang mendorong desa-desa di Sumedang mengikuti lomba Desa Pariwisata yang digelar pihak Kementrian Desa.


Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Pembangunan dan Kerjasama Desa pada DPMD Sumedang, Prama Prameswara, mengatakan lomba desa pariwisata ini dilakukan secara online dimana desa desa mengisi form yang telah disediakan.


"Di Sumedang sendiri banyak potensi desa pariwisata dan kami sudah informasikan sehingga kami dorong desa desa untuk ikut lomba desa pariwisata tersebut," jelas Prama, Rabu, 16 Aguatus 2023.


Ditambahkan Prama, kegiatan ini lingkupnya nasional sehingga akan lebih memotivasi desa untuk bisa memberikan yang terbaik demi kemajuan desa bersangkutan.


Selian itu, lanjutnya,, banyak keuntungan ketika desa ikut dalam lomba pariwisata ini selain berpeluang untuk menjadi juara juga secara otomatis desa tersebut sudah terdata oleh Kementrian Desa sebagai Desa Pariwisata.


"Minimal ketika sudah terdata ketika ada informasi mengenai perkembangan desa pariwisata desa desa akan lebih cepat tahu," jelasnya. (Al Ihza Mahendra/ NI)